Cara Menanam Kangkung Hidroponik Menggunakan Baskom | Belajar Hidroponik

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Menggunakan Baskom

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Biasanya kangkung banya dibudidayakan secara konvensional yaitu dengan di tanam di tanah. Kali ini saya akan membahan bagaimana cara menanam kangkung tanpa tanah yaitu menggunakan sistem hidroponik. Disamping mudah menanamnya, tanaman juga akan lebih sehat dan lebih bersih karena tidak menggunakan tanah.

Menanam kangkung hidroponik sangat lah mudah, bisa di tanam menggunakan tempat yang ada di sekitar kita, misalnya pakai pot, toples, botol bekas bahkan bisa di tanam pada baskom. 

Untuk menanam hidroponik pakai baskom kita harus mempersiapkan alat dan bahannya.

Adapun bahan-bahan yang perlu kita persiapkan adalah sebagai berikut : 
  • Benih kangkung ( bisa anda beli di toko pertanian )
  • Keranjang bolong-bolong seperti pada gambar 


  • Baskom sebagai media air dan nutrisi pupuk
  • Pupuk hidroponik , bisa menggunakan AB Mix hidroponik sayur ( banyak tersedia di toko-toko pertanian )


Langkah-langkah dalam menanam kangkung hidroponik

1. Perlakuan Benih
Rendam benih dengan  air dingin/ air hangat bisa juga ditambahkan atonik agar nantinya cepat tumbuh, kemudian lihat apakah ada yang benih yang mengapung, jika ada buang benih tersebut . ( benih terapung menandakan benih kurang bagus dan tidak akan berkecambah nantinya. Setelah itu buang air nya, kemudian benih yang direndam tadi bungkus dengan kain kemudian siram kainnya dengan air hangat dan simpan ditempat yang gelap selama semalaman. Perlakuan benih ini ditujukan agat benih cepat pecah dan berkecambah. 



2. Siapkan nutrisi yang di buat di ember tiap 1 liter air perlu ditambahkan 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B, kemudian setelah tercampur rata masukan ke dalam baskom sebanyak batas bawah kernajang bolong-bolong, jangan sampai melebihi batas bawah wadah bolong-bolong, hal ini untuk menghindari bibit busuk nantinya. 

3. Tutup dengan plastik hitam, biarkan beberapa hari sambil di periksa apakah sudah berkecambah atau belum, jika sudah buang penutup plasti hitam, kemudian letakan di tempat yang terkena cahaya matahari hindari terkena cahaya matahari langsung. 



4. setelah tanaman kangkung sudah tumbuh sempurna anda cukup mengganti nutrisinya saja jika nutrisi mulai berbau, atau menambahkan jika nutrisi dalam baskom berkurang karena diserap oleh akar kanngkung dan letakan di tempat yang terkena matahari penuh.

5. Setelah tanaman berumur 2 minggu, konsetrasi larutan perlu di tingkatkan, yang semua 5 ml per 1 liter, anda bisa menambahkan 7-9 ml per liter air. Dan lakukan langkah ke - 4 jika nutrisi dalam baskom berkurang. 

6. Setelah 3 - 4  minggu masa tanam, kangkung sudah bisa anda panen . 
Share Artikel Ini Yahh! :

1 Response to "Cara Menanam Kangkung Hidroponik Menggunakan Baskom"