Benarkah Vetsin atau Penyedap Rasa Bisa Menyuburkan Tanaman? Ini Jawabannya! | Belajar Hidroponik

Benarkah Vetsin atau Penyedap Rasa Bisa Menyuburkan Tanaman? Ini Jawabannya!

Monosodium Glutamat atau sering disebut MSG adalah bahan tambahan makanan sebagai penyedap rasa yang juga dikelan sebagai sodium glutamat.
Banyak orang yang beranggapan bahwa tanaman mereka jadi subur setelah sering diberi pupuk dengan larutan MSG.
Benarkah demikian?
mari kita kupas, apa sih kandungan dari MSG ini.
Sebenarnya MSG ini adalah garam natrium atau NA dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non esensial yang banyak terdapat di alam.
Peran dan fungsi dari Natrium atau NA bagi tanaman merupakan unsur hara fungsional, bukan esensial.
fungsional berarti dapat digantikan dengan unsur lain, jadi tanpa ada unsur natrium atau NA tanaman pun bisa tumbuh dengan subur.


Sedangkan Unsur Natrium atau NA oleh tanaman berperan untuk pembukaan stomata, berperan dalam pembentukan umbi, mencegah busuk umbi dan dapat menggantikan fungsi dari unsur hara kalium atau K.
Jadi MSG hanya mengandung unsur hara Natrium dan belum bisa menggantikan pupuk, karena tanaman tidak hanya membutuhkan Natrium saja melainkan banyak membutuhkan unsur hara makro maupun mikro.

Monosodium Glutamat atau sering disebut MSG adalah, bahan tambahan makanan sebagai penyedap rasa yang juga dikenal sebagai sodium glutamat.
Banyak orang yang beranggapan bahwa, tanaman mereka jadi subur setelah sering diberi pupuk dengan larutan MSG.
Benarkah demikian?
mari kita kupas, apa sih kandungan dari MSG ini.
Sebenarnya MSG ini adalah, garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non esensial yang banyak terdapat di alam.
Peran dan fungsi dari Natrium bagi tanaman merupakan unsur hara fungsional, bukan esensial.
fungsional berarti dapat digantikan dengan unsur lain, jadi tanpa ada unsur natrium tanaman pun bisa tumbuh dengan subur.

Sedangkan Unsur Natrium oleh tanaman berperan untuk pembukaan stomata, berperan dalam pembentukan umbi, mencegah busuk umbi dan dapat menggantikan fungsi dari unsur hara kalium atau K.
Jadi MSG hanya mengandung unsur hara Natrium saja, dan belum bisa menggantikan pupuk, karena tanaman tidak hanya membutuhkan Natrium saja melainkan banyak membutuhkan unsur hara makro maupun mikro, yang terdapat dalam pupuk buatan maupun pupuk kandan atau kompos.



Demikian ulasa mengenai MSG untuk tanaman.
semoga bisa menambah pengetahuan tentang pertanian.
jangan lupa like, subscribe dan share video paktani.
terimakasih.
Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Benarkah Vetsin atau Penyedap Rasa Bisa Menyuburkan Tanaman? Ini Jawabannya!"

Post a Comment