Hidroponik Pake NFT Gak Perlu Pake Mahal | Belajar Hidroponik

Hidroponik Pake NFT Gak Perlu Pake Mahal

NFT adalah sistem yang dapat dibuat dengan sederhana,
biaya yang tidak terlalu tinggi dan anda akan mendapatkan hasil yang maksimal setelahnya. Menanam sayuran dengan nft hidroponik mempunyai banyak keuntungan diantaranya adalah pertumbuhan akar yang lebih cepat. Jika pertumbuhan akar banyak hal ini sangat menguntungkan petani hidroponik karena akan mempercepat proses panen.
Akar yang sedikit tanaman akan tumbuh dengan lambat sedangkan akar yang lebat menjadikan tanaman tumbuh dengan cepat besar. Menanam dengan sistem nft diperlukan percobaan berulang kali dari membuat sistem pengairannya, menanam sayuran sampai panen, dan mengatasi kendala-kendala yang muncul seperti saluran mampet dan lain-lain.
Namun jika Anda berusaha menanam sayuran dengan sistem, anda akan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Kebanyakan industri hidroponik menggunakan sistem ini karena pembuatan penanganan dan hasil panen yang melimpah.
Persiapan ruangan atau lahan.
Untuk menanam hidroponik sebaiknya anda menggunakan tempat yang baik Sinar mataharinya. Jika anda hanya ingin menanam untuk bersenang-senang atau untuk pribadi, anda tidak perlu memperhatikan tentang lantai atau bagian bawah sistem nft agar menjadi bersih.
Namun jika anda ingin mengharapkan suatu hasil yang baik dan banyak, Anda memerlukan sebuah tempat untuk menanam yang terorganisir seperti laboratorium. Anda harus merencanakan dan menyiapkan ruangan dengan peralatan pertanian modern yang tepat. Biasanya tempat menanam green house menggunakan bagian tepi dan bawah berupa terpal plastik yang mempunyai 2 Sisi hitam dan putih.
Sisi yang putih ini dijadikan sebagai alas dan dinding karena sifatnya yang mencerahkan ruangan dan membuat lingkungan tanaman mudah dikontrol untuk bekerja. Genting putih juga membuatnya lebih mudah untuk menjaga ruangan tetap bersih dari ke hari dalam jangka panjang.
Peralatan yang perlu disiapkan adalah peralatan untuk semai benih ataupun untuk stek benih. Anda juga harus mempunyai alat untuk mengontrol suhu lingkungan dan kelembaban.
Selain itu Anda juga harus memiliki peralatan dan ruangan untuk panen dan pasca panen.
Untuk membuat nft anda yang harus dipersiapkan adalah rak. Rak bisa menggunakan baja ringan atau cnp. Rak ini mempunyai keunggulan ringan kuat dan tahan korosi.
Rak dibuat dengan bentuk seperti meja dengan salah satu bagian Sisi kaki lebih tinggi sehingga dihasilkan meja yang miring. Kuli atau tempat menanam bisa menggunakan Talang yang bagian bawahnya datar atau Anda bisa menggunakan pvc bulat.
Air di sistem nft ini berasal dari Tandon yang biasanya ditanam di tanah untuk menjaga agar suhu air Tetap dingin. Selanjutnya air dipompa menggunakan pompa berkekuatan sedang untuk memompa air ke atas dan dibagi menjadi beberapa cabang saluran ke guli-guli tanaman yang diletakkan diatas meja.
Sistem nft ini memiliki aerasi yang sangat bagus untuk sistem perakaran. Air yang mengalir tipis bersentuhan langsung dengan oksigen di udara dan mencampurnya.
Setelah air bercampur dengan oksigen air mengalir dengan kecepatan sedang melewati agar akar tanaman. Akar tanaman yang memiliki banyak rongga-rongga di dalam anatominya dijejali banyak sekali air dan oksigen.
Dorongan dari aliran nft ini mendorong molekul-molekul nutrisi dan oksigen ke dalam akar sehingga akar menjadi tumbuh sangat cepat dan berserabut banyak.
Dapat kita amati apabila akar utama bersentuhan dengan udara atau oksigen, maka akar itu akan kosong atau membusuk ujungnya. Setelah itu akan muncul cabang-cabang akar yang sangat banyak di badan akar utama tadi.
Inilah yang dinamakan air pruning pada akar, Dimana jika akar bersentuhan dengan udara sesering mungkin menjadikan akar bercabang-cabang dan berserabut banyak. Tentunya hal ini membuat makanan yang diserap semakin banyak dan tanaman cepat tumbuh besar.
Inilah keuntungan menggunakan sistem nft, dengan bahan baku yang tidak terlalu tinggi dan menghasilkan tanaman yang hasilnya maksimal.
Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Hidroponik Pake NFT Gak Perlu Pake Mahal"

Post a Comment