Hidrogel Sebagai Media Tanam Hidroponik | Belajar Hidroponik

Hidrogel Sebagai Media Tanam Hidroponik


Kalau kita mendengar kata hidroponik mungkin tidak asing lagi bagi kita semua. Kita tau saat ini dunia pertanian mengalami kemajuan yang sangat pesat, sekarang kita bisa bertanam tanpa menggunakan tanah, kita bisa bertanam di tempat sempit sekalipun bahkan kita bisa bertanam di dalam rumah. Hidroponik begitu disebut pertanian modern saat ini, tehnik menanam tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan air yang di dalamnya terkandung unsur hara baik makro maupun mikro yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman. 

Tehnik menanam hidroponik membutuhkan media tanam sebagai penyangga tanaman tersebut agar tidak roboh, media tanam untuk hidroponik sangat beraneka macam jenis yang dapat di gunakan, tetapi kali ini kita akan membahas tentang media tanam hidrogel.



Hidrogel merupakan kristal polymer yang dapat menyerap air dalam jumlah besar dan dapat terurai melalu pembusukan oleh mikroba serta dapat melepaskan air yang diserapnya secara proporsional sehingga tanaman tidak akan kekurangan atau kelebihan air nutrisi.

Disamping fungsinya sebagai penyerap air yang juga dapat dijadikan sebagai media tanam hidroponik, bentuk dari kristal polymer ini sangat cantik karena memiliki warna yang beragam. Dengan media tanam hidrogel tanaman hidroponik akan semakin cantik dan lebih elegan. Pada umunya penggunaan media tanam hidrogel untuk hidroponik indoor atau hidroponik sebagai penghias ruangan. Apabila hidrogel sudah tampak menyusut, kita cukup menyemprotkan air dengan menggunakan sprayer ke permukaan hidrogel.ukup sampai hidrogel tampak basah saja. Jangan sampai tergenang. Dan bila hidrogel terlihat kotor, kita bisa membersihkannya dengan cara mencuci dan merendam hidrogel ke dalam air hangat selama kurang lebih 2 jam. Tiriskan hidrogel terlebih dahulu sampai benar - benar kering, baru kemudian kita masukkan kembali ke pot/vas.
Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Hidrogel Sebagai Media Tanam Hidroponik"

Post a Comment