Pengenalan dan Budidaya Buah Strawberry | Belajar Hidroponik

Pengenalan dan Budidaya Buah Strawberry

Strawberry adalah buah dari tanaman herba memiliki rata-rata 200 biji kecil per satu buah. 700 dari berbagai jenis stroberi. Salah satu jenis spesies bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. spesies lainnya adalah F. vesca L. Tanaman strawberry merupakan tanaman yang disukai para perkebun ataupun masyarakat perumahan untuk tabulampot. Tanaman Strawberry sangat cocok dikembangkan atau dibudidayakan pada iklim kita, dan hanya memerlukan biaya murah, serta akan dapat kita panen sekitar 1-2 tahun dari awal kita tanam(dari bibit). Tanaman Strawberry dapat berbuah sepanjang tahun dan produktif berbuah hingga empat tahunan.

Buah stroberi merupakan sumber Vitamin C yang sangat baik, begitu pula halnya akan kandungan flavanoids dan phenolic acids. Stroberi juga mengandung fisetin dan memiliki level tinggi antioksidan dibandingkan buah lainnya.

Buah ini sangat rendah akan lemak jenuh (saturated fats), kolesterol dan sodium. Selain itu, stroberi juga termasuk sumber mineral potas, mangan, dan iron yang cukup baik, dilengkapi dengan beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E.

Budidaya strawberry bisa dilakukan dengan cara ditanah/sekam bakar polibag atau pot juga bisa dengan system hidroponik. Sebelum melakukan penanaman Tanaman  Strawberry, beberapa hal berikut perlu diperhatikan:

  1. Tanaman Strawberry membutuhkan sinar langsung/full sun, carilah lokasi penanaman yg memungkinkan strawberry mendapatkan sinar matahari langsung dan tidak terhalang tumbuhan ataupun bangunan.
  2. Tanaman Strawberry baik ditanam pada media tanam yg porus, dimana aliran ataupun ketersediaan air harus selalu tercukupi. Anda bisa menggunakan media tanam campuran tanah, sekam/sabut kelapa, dan pasir dengan komposisi 1:1:1
  3. Seberapa banyak Tanaman Strawberry yang akan Anda tanam menentukan pertumbuhan tanaman strawberry tersebut, semakin banyak dan rapat maka akan terjadi perebutan nutrisi dalam tanah. idealnya dalam satu polibag/pot besar ada maximal 4 tanaman strawberry.
  4. Pilihlah jenis strawberry yang sesuai dengan iklim dan kesesuaian daerah Anda. Berikut beberapa varietas tanaman strawberry: Earliglow, Cardinal, Honeoye, Redchief, Surecrop, Allstar, Guardian, Lateglow, Sparkle dan Jewel.
  5. Untuk perbanyakan tanaman strawberry bisa dilakukan dengan benih maupun dengan cara sulur atau stolon.

Pada masa-masa pertumbuhan dan pembuahan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:
  • Usahakan ketersediaan pasokan air, lakukan pengairan pada Tanaman Strawberry dua kali sehari, pagi dan sore hari.
  • Berikanlah pemupukan yang proporsional, pada fase pertumbuhan berikanlah pupuk NPK dengan dosis N tinggi sedangkan pada masa pembungaan dan pembuahan berikanlah pupuk NPK dengan dosis PK tinggi. lakukan pemupukan tiap seminggu sekali cukup satu sendok makan untuk satu polibag besar
  • Siangi media tanaman strawberry dari gulma,rumput-rumput yang mengganggu
  • Olah media tanah jika sudah terlihat tidak porus, ditandai dengan air tidak mengalir lancar



Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Pengenalan dan Budidaya Buah Strawberry"

Post a Comment