Budidaya Jeruk Lemon Hidroponik | Belajar Hidroponik

Budidaya Jeruk Lemon Hidroponik

Jeruk merupakan buah yang mempunyai berbagai manfaat bagi kehidupan kita, mulai dari pemasok vitamin C yang dapat dimakan secara langsung, ataupun di buat minuman yang menyegarkan serta menyehatkan. Bahkan buah jeruk seringkali di jadikan pendamping bumbu masak, seperti jeruk nipis atau jeruk purut. Tapi sekarang mulai hadir primadona baru yaitu Jeruk Lemon yang mulai populer di masyarakat. Jeruk lemon yang biasanya di buat minuman sekarang banyak juga di gunakan sebagai bumbu dapur. Semakin banyaknya acara memasak di TV yang menghadirkan berbagai jenis masakan yang disajikan oleh cheff nasional atapun international yang sebagain menggunakan jeruk lemon sebagai bumbu dapur, sehingga masyarakat modern sekarang mulai mengadopsi jeruk lemaon ini sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang wajib ada.

Banyak resep-resep masakan serta minuman yang menggunakan jeruk lemon sebagai bahan dasar untuk membuatnya menjadikan jeruk jenis ini semakin diminati khususnya ibu-ibu yang permintaan akan jeruk ini semakin meningkat di pasar. Tentunya hal ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan budidaya jeruk lemon karena mempunyai pasar yang layak dipertimbangkan. Karena jeruk jenis ini juga mudah tumbuh atau tidak perlu perlakuan khusu untuk merawatnya, di bawah ini adalah syarat tumbuh jeruk lemon :

Tanaman jeruk lemon sangat baik ditanam di area yang berkriteria sebagai berikut ini :
  • Tanah yang gembur dan organic. Pastikan bahwa lahan yang akan Anda tanami memiliki kandungan organic yang baik sehingga pohon jeruk lemon dapat tercukupi nutrisinya. Jika Anda ingin menggemburkan tanah dengan menggunakan pupuk, maka pilihlah pupuk organic yang alami dan bebas bahan kimia.
  • Tanah yang akan ditanami memiliki tingkat garam yang rendah.
  • Tanah yang akan ditanami bebas dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya.
  • Tanah tidak tergenang air, tidak becek dan tidak terlalu basah.
  • Lahan mendapatkan sinar matahari yang cukup besar.
  • Jeruk lemon dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, di daerah tropis seperti negara kita maupun di negara subtropics.

Jadi untuk membudidayakan jeruk lemon ini cukup menjanjikan karena syarat tumbuh jeruk ini cocok untuk kondisi musim di indonesia, berikut panduan lengkap untuk budidaya jeruk lemon :

Budidaya Jeruk Lemon

Jika Anda sudah siap memenuhi kriteria tumbuh tanaman jeruk lemon di atas maka kini saatnya mencermati teknik budidaya jeruk lemon yang berurutan, dimulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan pemeliharaan serta pemanenan.

Penyiapan Lahan

Seperti layaknya bercocok tanam jenis pohon jeruk lainnya, Anda perlu menyiapkan lahan yang cukup luas untuk ditanami pohon jeruk lemon. Undukan tanah perlu Anda buat untuk ditanami masing-masing bibit dan berikan jarak antara tanaman jeruk lemon satu dengan lainnya.
Tips: Pilihlah cara tanam yang tepat dengan memperhatikan arah mata angin yang tepat agar sinar matahari dapat menempa langsung pohon jeruk lemon yang Anda tanami. Selain itu, pastikan agar air tidak menggenangi pohon jeruk lemon dengan cara membuat parit-parit kecil sebagai tempat mengalirnya air di kala hujan. Genangan air ini akan menurunkan kualitas dari buah lemon yang dihasilkan.
Perhatikan kedalaman lubang tanaman dan sesuaikan dengan akar bibit agar bibit dapat mencengkeram tanah dengan baik.

Pembibitan

Cara pembibitan dapat Anda lakukan dengan mendatangkan bibit yang terjamin kualitasnya dan diakui secara legal oleh negara. Pembibitan ini merupakan salah satu kunci penting dari kualitas buah yang akan dihasilkan. Untuk itu, kualitas bibit harus benar-benar Anda perhatikan dengan seksama.




Penanaman

Penanaman dapat Anda lakukan kapan saja karena pada dasarnya pohon jeruk mampu bertahan hidup di segala musim, asalkan cara menanam tepat dan syarat tumbuhnya terpenuhi. Teknik menanam dilakukan dengan menancapkan bibit ke masing-masing undukan tanah yang telah dibuat. Pastikan bibit buah jeruk lemon mendapatkan sinar matahari yang cukup dan air yang tidak berlebihan.

Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan maksimal 4x dalam satu tahun dengan menggunakan kombinasi pupuk yang direkomendasikan seperti pupuk kandang, TPK, ZK dan kompos. Tentunya pemberian pupuk ini harus dilakukan secara bijaksana dan tepat waktu.
Perawatan lain yang perlu diperhatikan adalah pengusiran hama tanaman yang dapat berupa lalat buah, ulat, tungau, dan masih banyak lagi. Anda bisa memasang jebakan untuk mengusir lalat buah atau menyemprotkan zat tertentu untuk menyelamatkan buah dari hama penyerang.
Jangan lupa bagi Anda yang ingin berbudi daya tanaman jeruk lemon, penebangan sebagian batang utama perlu dilakukan untuk peningkatan jumlah cabang sehingga produktivitas pohon jeruk lemon dapat terpelihara dan meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, jumlah buah yang terlalu banyak pada musim panen pertama dapat Anda pangkas untuk produktivitas buah di tahun mendatang.

Pemanenan

Pemanenan buah jeruk lemon dapat Anda lakukan saat buah benar-benar matang. Pasalnya, buah jeruk merupakan jenis buah yang hanya dapat mematangkan diri di pohon dan setelah dipetik maka ia akan berhenti melakukan proses pematangan. Usia buah yang ideal untuk dipanen adalah 30-36 minggu.

Setelah membaca uraian di atas ternyata tidak terlalu sulit untuk membudidayakan tanaman jeruk lemon ini, dan bagi yang hanya butuh untuk kebutuhan dapur, dapat menanamnya sendiri di pekarangan atau kebun bahkan jika tidak mempunya lahan untuk menanamnya bisa di tanam di pot-pot atau bahkan bisa menggunakan sistem hidroponik sehingga tidak perlu lagi melakukan pemupukan secara berkala, karena sistem hidroponik menggunakan air nutrisi yang sudah mengandung unsur mikro dan makro yang di butuhkan oleh tanaman. System yang paling sederhana bisa menggunakan sistem sumbu yaitu bisa menggunakan ember bekas cat ( 25 kg ) untuk menampung nutrisi dan untuk bagian atas bisa menggunakan pot yang besarnya bisa masuk sebagian ke dalam ember cat (25kg) yang di beri sumbu dan di isi dengan media tanam seperti sekam bakar ataupun media untuk hidroponik yang lainnya. Selamat mencoba.
Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Budidaya Jeruk Lemon Hidroponik"

Post a Comment