Cara Menanam Jambu Air Citra Dalam Pot | Belajar Hidroponik

Cara Menanam Jambu Air Citra Dalam Pot


Jambu air adalah buah kesuakaan ibu-ibu apalagi kalau siang hari yang terik pasti penginnya ngerujak, apa lagi kalau sambil ngerumpi bareng ibu-ibu pkk wuih rasanya gurih gruih sedap hahahh.....( yang bapak-bapak jangan iri ya, boleh ikut ko wekkkk ... ). Memang buah berair yang satu ini kerap menjadi buah favorit karena rasanya ada yang asam dan juga manis, apalagi kalau sudah ketemu sama sambal jadi rasanya asam asin pedas manis seperti rasa hidup ku bersamamu...kamu iya kamu....hahahhah. Buah ini pun memiliki beberapa jenis, tetapi kali ini belajarbarenghidroponik akan membahas tentang jambu air yang memiliki nana Citra, eh kaya nama gadis cantik anak ibu kos nih, hahhahhh.
Nih penampakan Jambu Air Citra, cakep kan bikin nelen ludah, Yuk kenalan dulu sama jambu yang namanya Citra.

Jambu Air Citra sebenarnya sudah banyak di kenal dalam dunia agrobisnis, Rasa jambu air citra justru semakin manis di kala musim kemarau yang minim air. Di kala berbuah di musim hujan, rasa manis akan berkurang karena jambu air memiliki struktur gabus pada daging buah. Struktur gabus ini menyerap air sehingga dalam kondisi iklim dengan air berlimpah, justru tidak menghasilkan buah berkualitas. Karena itu, bagi petani, di saat musim kemarau inilah saat panen jambu air citra yang tepat. 

Keunggulan Jambu Air Citra yaitu ukuran buah besar hingga berbobot hingga 300 gram atau seukuran aqua gelas. Karena banyak disukai masyarakat saat ini kita bisa dengan mudah mencari bibitnya di penjual bibit tanaman. Jambu Air Citra ini relatif mudah dibudidayakan dan dalam setahun pemilik bisa panen hingga tiga kali.  Panen bisa dilakukan setelah 2 tahun ditanam, jadi anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmati manisnya rasa dan keelokan buahnya. 

Dimana pada buah ini, bisa dibudidayakan dengan mudah. Bahkan, bisa diproduksi dalam jumlah yang berlimpah. Terlebih lagi, dengan adanya cara penanaman yang lebih praktis yaitu dengan media pot ini, bisa lebih mudah untuk berbudidaya. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan budidaya jambu air dalam pot ini dengan cepat nan praktis.




Pada pelaksanaan pembudidayaan jambu air di dalam pot ini, terdapat beberapa komponen yang harus disiapkan terlebih dahulu. Seperti halnya pada tahap pertama yaitu pemilihan bibit yang unggul, termasuk pada beberapa tips berikut ini, yaitu:
  1. Memilih bibit untuk jambu air ini, akan lebih baik bila dari proses cangkok, bukan dari biji.
  2. Bibit dengan cara stek ini harus berasal dari induk yang sudah berbuah
  3. Pemilihan bibit harus sudah berumur, setidaknya pada usia stek selama 2 sampai 3 bulan.

Setelah pada pemilihan bibit selesai, selanjutnya ialah proses penanaman. Pada penanaman di dalam pot ini, harus berisikan tanah yang subur serta sesuai untuk tumbuhan jambu air ini. Tanah tersebut bukanlah secara utuh 100%, tetapi juga dicampurkan dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, setelah media pot dan tanahnya telah siap, jambu air siap untuk ditanamkan. Selanjutnya ialah penataan tanaman dengan jarak 2, 5 meter hingga 3 meter. Tujuan dari pemberian jarak ini ialah untuk memberikan sela atas adanya sirkulasi udara dari antar pohon.

Untuk penyiraman dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, sedangkan untuk pemupukan dilakukan 2 kali dalam seminggu menggukan pupuk kandang tetapi jika pohon sedang berbuah sebaiknya pemupukan di lakukan seminggu sekali.

Untuk pengendalian hama, sebaiknya menggunakan pestisida alami, untuk membuat pestisida alami klik disini

Buah Jambu Air Citra dapat berbuah 3 kali dalam setahun, demikian ulasan Cara Menanam Jambu Citra Dalam Pot semoga bermanfaat.



Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Cara Menanam Jambu Air Citra Dalam Pot"

Post a Comment