3 Motode Alternative Menanam Sayuran Hidroponik | Belajar Hidroponik

3 Motode Alternative Menanam Sayuran Hidroponik

3 Motode Alternative Menanam Sayuran Hidroponik ini merupakan metode yang umum digunakan oleh para petani atau pehobi hidroponik. Metode ini memang simpel dan efektive sehingga banyak yang menggunakannya untuk menanam sayuran hidroponik. Mudah dan ekonomis dan efektive ini lah yang selama ini di cari oleh para hidroponik mania.

Sayuran hidroponik memang sekarang sudah banyak di kenal di kalangan masyarakat perkotaan, terbukti bahwa di super market atau di pusat perbelanjaan besar di kota sudah menyidiakan berbagai macam sayuran hidroponik sepeerti selada hidroponik, kangkung hidroponik, bayam hidroponik, sawi hidroponik, cabe hidroponik, buncis hidroponik dan banyak lainnya bahkan buah-buahan hidroponik seperti tomat hidroponik, strawberry hidroponik, melon hidroponik dan semangka hidroponik. Untuk harga buah dan sayuran hidroponik relatif lebih mahal di bandingkan dengan sayuran dan buah-buahan yang ditanam seperti biasa.

Meraka sadar, bahwa makanan yang sehat bebas pestisida kimia sekarang adalah sangat penting. Karena untuk sehat di zaman sekarang memang mahal, maka dari itu mereka rela membayar lebih mahal untuk sayuran dan buah-buahan yang mereka konsumsi. Harga yang relatif mahal ini memang menjadi ladang bisnis bagi petani modern, sekarang meraka banyak mengembangkan dan mempergunakan cara hidroponik untuk menanam sayur dan buah-buahan.

Banyak metode yang bisa di pakai untuk menanam secara hidroponik, namun secara umum ada metode-metode yang memang lebih gampang dan hasilnya dapat diandalkan. 

Berikut adalah 3 Metode Alternative Untuk Menanam Sayuran Hidroponik.

1. Menggunakan Sistem Kultur Air
System ini sering di sebut dengan sistem rakit apung atau floating system yaitu menggunakan bak penampungan air nutrisi hidruponik sedangkan untuk menanamnya menggunakan sterofoam. lebih jelasnya seperti pada gambar berikut



2. Menggunakan Sistem Agregat
System agregat merupakan sistem hidroponik yang menggunakan media tanam seperti pasir, kerikil, cocopeat, sekam bakar, hidro gell, rockwoll atapun hidroton. Metode ini menggunakan pot, botol plastik bekas, ember bekas ataupun yang lainnya. System ini membutuhkan keuletan karena air nutrisi di berikan dengan cara menyiramnya secara manual seperti kira menanam di tanah tetapi air untuk menyiramnya menggunakan air nutrisi hidroponik. Namun sekarang sudah ada cara untuk memberikan air nutrisi dengan cara otomatis, sehingga kita tidak perlu menyiramnya secara manual.



3. Mengguanak sistem NFT
NFT adalah Nutrien Filem Technique merupakan sistem hidroponik yang sudah modern. Prinsip kerja dari metode ini sudah dibahas di sini




Nah itulah 3 Motode Alternative Menanam Sayuran Hidroponik yang dapat anda praktekan untuk menanam sayuran atau buah-buahan hidroponik. Semoga bermanfaat, baca juga Cara Menanam Sawi Hidroponik Menggunakan Botol Bekas di sini, cuplikan artikelnya di bawah ini
 Menanam Sawi Hdroponik Dengan Botol Bekas


Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "3 Motode Alternative Menanam Sayuran Hidroponik"

Post a Comment