Cara Menanam Sayur dan Buah Buahan Hidroponik Sederhana di Rumah | Belajar Hidroponik

Cara Menanam Sayur dan Buah Buahan Hidroponik Sederhana di Rumah

Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Rumah - Sayuran dan buah-buahan adalah bahan makanan yang kita butuhkan setiap harinya di samping makanan pokok. Maka dari itu kita setiap hari harus mengkonsumsi sayur dan buah agar tubuh kita tetap sehat. Tetapi sekarang sayur dan buah menjadi ancaman bagi kesehatan kita semua, karena hampir semua tanaman sayur dan buah memakai pestisida kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. 

Sayur dan buah yang sehat memang sekarang banyak dijual di super market dengan harga yang mahal,tentu saja ini tidak akan berpengaruh bagi orang yang berpenghasilan banyak. Tetapi untuk orang-orang yang mempunyai penghasilan sedang tentu saja hal ini akan memberatkan karena harus lebih banyak mengeluarkan uang hanya untuk sayur dan buah.  Sayuran dan buah yang bebas pestisida ini ditanam dengan sistem hidroponik yaitu sistem menanam tanaman tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan media air yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri. Biasanya tanaman hidroponik di kembangkan dalam sebuah GreenHouse agar terhindar dari berbagai serangan hama jadi tidak perlu menggunakan pestisida. Nah hal ini yang membuat sayuran dan buah-buahan hidroponik menjadi sangat mahal karena biasa produksinya lebih banyak.

Namun untuk skala hobi atau untuk memenuhi konsumsi sendiri ataupun untuk menghemat pengeluaran untuk membeli sayuran dan buah yang sehat, menanam secara hidroponik tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bisa menggunakan sistem hidroponik sederhana yang bisa menggunakan barang-barang bekas sebagai medianya seperti Toples bekas, botol bekas, pot, ember cat bekas, baskom dan sebagainya. Hal ini juga tidak membutuhkan banyak tempat, bisa di tempat kan di sudut-sudut rumah, depan rumah, di pagar rumah bahkan bisa di dalam ruangan. 

Berikut adalah contoh hidroponik sederhana yang mungkin bisa di contoh di rumah anda












Demikian ulasan Cara Menanam Sayur dan Buah Buahan Hidroponik Sederhana di Rumah, semoga bermanfaat. Baca juga artikel hidroponik lainnya di bawah ini

 3 Metode Alternative Menanam Hidroponik


Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Cara Menanam Sayur dan Buah Buahan Hidroponik Sederhana di Rumah"

Post a Comment