Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri | Belajar Hidroponik

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Cara Mudah Membuat Pupuk Nutrisi Hidroponik Sendiri - Nutrisi hidroponik adalah merupakan mineral makro dan mikro yang dilarutkan ke dalam air, mineral tersebut merupakan unsur hara yang di perlukan untuk pertumbuhan tanaman. Nutrisi Hidroponik sebenarnya dengan mudah di dapatkan, baik di toko pertanian maupun di jual bebas di internet. Nutrisi ini berbentuk bubuk terdiri dari 2 bungkus yaitu A dan B atau yang sering di sebut Nutrisi Hiroponik ABMix, kemudian kedua bahan ini di campur dan di larutkan kedalam air. Nutiri atau pupuk hidroponik ini di jual dengan berbagai merk, seperti goodplan, ABMix, Ijo dan lain-lain. Harganya juga terbilang cukup murah, biasanya di jual sekitar harga 70ribuan.

Namun jika ingin membuat pupuk hidroponik sendiri sebernarnya mudah, hanya mencampurkan beberapa pupuk tanaman yang biasa di gunakan seperti KCL, NPK, Urea dan Gandasil pupuk daun.

Berikut cara-cara membuat nya :

Bahan-Bahan:
  1. Siapkan Pupuk Urea 1000 gr.
  2. Siapkan Pupuk KCL  1000 gr.
  3. Siapkan Pupuk NPK  1000 gr.
  4. Siapkan Pupuk daun Gandasil ( Growmore )   50 gr.


Peralatan yang disiapkan:
  1. Siapkan Ember bervolume 20 Liter.
  2. Siapkan Drum plastik bervolume 100 liter
  3. Siapkan Timbangan digital
  4. Siapkan Alat pengaduk
  5. Siapkan Air sumur, air sungai,
  6. Siapkan Air PAM tidak diperkenankan kecuali yang sudah diendapkan selama 7 – 10 hari.


Cara membuat Larutan Nutrisi Hidroponik:

Pertama-tama Masukkan semua bahan yang telah ditimbang ke dalam ember volume 20 liter. Kemudian Tuangkan air sumur sebanyak 20 ltr ke dalam ember tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk lanjutkan pengadukan hingga air mencapai volume 20 liter dan tidak ada lagi pupuk yang masih mengkristal (tidak ada endapan). Setelah itu Tuangkan larutan pekatan tadi ke dalam bak penampungan volume 100 liter. Kemudian Kucurkan air sumur kedalam bak penampungan sambil diaduk – aduk hingga penuh (mencapai volume 100 liter). Dan sekarang Larutan Nutrisi siap digunakan.

 Cara Menanam Sayur Hidroponik Di Rumah


Nah Gaes, mudah kan cara Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri, selamat mencoba. Jangan lupa baca juga artikel di bawah ini

 Cara Menanam Strawberry Hidroponik


Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri"

Post a Comment