Menanam Pohon Buah Tin Secara Hidroponik | Belajar Hidroponik

Menanam Pohon Buah Tin Secara Hidroponik

Pohon buah paling eksotis  di dunia ini adalah pohon buah Tin. Buah ini di riwayatkan dalam kitab Al-Quran surat At-Tiin. Jadi buah Ara ( nama lain buah Tin ) merupakan buah spesial. Buah ini mempunyai kandungan yang luar bisa bagi kesehatan yang mampu mengobatai berbagai macam penyakit. Buah surga ini berasal dari asia barat, dan pohon ini dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti di indonesia. Pohon Buah Tin juga dapat berbuah sepanjang tahun, karena buah ini tidak mengenal musin untuk berbuah.

Permintaan akan pohon buah Tin di indonesia semakin banyak walaupun harganya memang bisa di bilang mahal. Buah Tin sekarang merupakan primadona bagi pecinta tanaman buah, pohon ini banyak dijual di group-group jual beli online. Berbagai jenis dari tanaman ini bisa tumbuh dan berbuah di indonesia tetapi banyak pula jenis Pohon Tin yang hanya dapat tumbuh dan hampir tidak akan berbuah, kalaupun berbuah akan jarang sekali. Jadi bagi yang ingin membeli pohon buah dari surga ini harus teliti dan berhati-hati memilih jenis buah tin. Berikut contoh jenis buah Tin yang dapat tumbuh dengan subur dan tentunya dapat berbuah lebat sepanjang tahun :

1. Green Jordania Figs (LN)
2. Purple Jordania Figs (LN)
3. Conadria USA Figs
4. Brown Turkey Figs
5. Khurtmani Palestine Figs
6. Black Ischia Italy Figs
7. Negronne France Figs

Berbagai macam metode untuk perbanyakan pohon eksotik ini, seperti di cangkok dan stek batang. Begitu juga dengan penanamannya, seperti ditanam langsung di tanah, di pot bahkan bisa menggunakan teknik hidroponik.



Untuk menggunakan teknik hodroponik, masih sama dengan pohon buah yang lainnya. Yang perlu di perhatikan adalah PPM terlarut dan ph air harus terjaga tentunya jangan sampai kehabisan air nutrisi. Teknik untuk menanam pohon buah tin bisa di coba menggunakan teknik hidroponik yang paling sederhana yaitu Hidroponik System Wick ( hidroponik sistem sumbu ), disamping sederhana dan mudah sistem ini juga tidak membutuhkan banyak biaya.
Share Artikel Ini Yahh! :

1 Response to "Menanam Pohon Buah Tin Secara Hidroponik"

  1. klo ppm untuk buah tin berapa yah mas jika ditanam secara hidroponik?

    ReplyDelete