Cara Budidaya Sayuran Hidroponik dengan Mudah dan Berkualitas | Belajar Hidroponik

Cara Budidaya Sayuran Hidroponik dengan Mudah dan Berkualitas

Sayuran hidroponik sekarang semakin populer, menghiasi rak-rak sayuran di pusat-pusat pembelanjaan besar di kota. Ketertarikan konsumen dengan sayuran hidroponik bukan tanpa sebab, sayuran ini rasanya lebih enak dan lebih cruncy atau renyah dibandingkan dengan sayuran biasa. Kebersihan dan kesehatan dari sayuran hidroponik juga merupakan salah satu penyebab semakin diminati oleh banyak kalangan, walaupun harganya sedikit lebih mahal di bandingkan dengan sayuran yang ditanam seperti biasa ( di tanam di tanah ).

Sayuran yang paling banyak diminati oleh ibu-ibu rumah tangga dan paling mudah cara budidayanya adalah tanaman kangkung, sawi dan bayam. untuk Budidaya Kangkung dan Bayam secara hidroponik dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari tiga system yaitu system NFT (nutrient film technique),system aeroponik dan system substrat. Ketiga system ini dikombinasi untuk menghasilkan produk yang terbaik.


Sistem NFT (Nutrient Film Technique)
Pada system NFT ini Larutan nutrisi hidroponik sangat tipis dialirkan ke akar tanaman yang diletakkan pada sejenis talang air. Posisi talang antara ujung satu dengan satunya berbeda ketinggiannya agar nutrisi bisa mengalir ke salah satu sisinya. Sudut kemiringannya jangan dibuat terlalu ekstrem, hanya sekitar 5 derajat saja, atau lebih jelas mengenai sistem NFT klik di sini



System aeroponik
System aeroponik yaitu system dimana larutan nutrisi hidroponik berupa kabut dipancarkan langsung ke akar tanaman yang menggantung di udara. Dalam system ini diperlukan alat penyemprot yang langsung bisa membasahi akar tanaman. Akar tidak langsung menyentuh cairan yang tetap atau mengalir, hanya tergantung pada semprotan nutrisi.

Sistem Substrat
Pada system substrat ini menggunakan media tumbuh berupa kerikil untuk menopang perakaran dan menyimpan larutan nutrisi yang dialirkan melalui selang-selang jaringan irigasi mikro dari tanki larutan ke daerah perakaran. Sudut kemiringan juga diatur sedemikian rupa sehingga terjadi aliran lambat dalam system substrat ini.

Demikian pembahasan tentang Cara Budidaya Sayuran Hidroponik dengan Mudah dan Berkualitas semoga artikel ini bermanfat. Jangan lupa baca juga artikel yang tidak kalah menarik di bawah ini

 Apakah Tanaman Hidroponik Aman Untuk di Konsumsi

Share Artikel Ini Yahh! :

0 Response to "Cara Budidaya Sayuran Hidroponik dengan Mudah dan Berkualitas"

Post a Comment